Rumah Kelahiran Bung Karno Ada Di Surabaya


Rumah Kelahiran Bung Karno

Rumah Kelahiran Bung Karno


Ternyata rumah kelahiran Bung Karno, atau Presiden RI pertama pak Soekarno berada di Surabaya, tepatnya di kampung Pandean gg IV, no ; 40. Bukan di kota blitar, seperti selama ini kita pelajari dari buku sejarah.

Setelah dilakukan kajian buku-buku sejarah dan penelitian di negara belanda yang dilakukan oleh The Soekarno Institute, disimpulkan ; Pak Karno lahir di Kota Surabaya.

Perwakilan keluarga Bung Karno yang hadir di peresmian Rumah Kelahiran Bung Karno, Prof. Haryono Sigit, mengakui bahwa orang tua Bung Karno perna tinggal di rumah tersebut. 

Bambang DH atas Pemerintah Kota Surabaya telah mengirim surat ke pemerintah pusat untuk meluruskan persoalan tempat kelahiran Presiden Pertama RI.

Senin tanggal 6-6-2011, Rumah di kampung  pandean secara resmi sebagai tempat kelahiran Bung Karno. Diresmikan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Pada acara peresmian dihadiri Peter A Rohi, Direktur The Soekarno Institute, Prof. Haryono Sigit perwakilan keluarga Bung Karno, Bambang Sulistomo Putra Bung Tomo, Anggota DPRD Surabaya, Pejabat Pemkot serta ratusan warga surabaya.

Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung prasasti oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Prasasti ini menyebutkan dikampung pandean terdapat rumah kelahiran bung karno. Ditanda tangani oleh Walikota Surabaya sebelumnya Bambang DH di tahun 2010.

Rumah Kelahiran Bung Karno dan masa kanak-kanak ditetap sebagai bangunan cagar budaya sesuai SK Wali kota Surabaya No.188.45/321/436.12/2013.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s