Bungker Di PT PAL Indonesia

Bungker atau tempat Pembuangan Sampah

Bungker atau tempat Pembuangan Sampah

Bisa jadi foto bunker ini yang terakhir yang bisa kita lihat. Kedepanya kita tidak lagi bisa melihat, bahkan mengunjungi bunker ini

Jika kita hendak masuk ke kompleks perkantoran Sub Kontraktor (Subkon) di PT PAL dari arah barat, kita akan meleweti dan ketemu dengan bangunan ini. Letak bangunan ini berada tidak jauh dari Dok Irian. Area bangunan seperti bungker ini masuk wilayah Departemen Kapal Perang (KAPRANG).

Bangunan bunker tersebut berbentuk bulat lonjong. Dengan ketinggian 1 meter dari permukaan tanah dan lebar  1/2 meter. Di tubuh bunker terdapat 6 lubang persegi panjang,  lubang tersebut mengelilingi tubuh bungker. Di atap bungker terdapat pintu masuk terbuat dari besPal

Bungker PT. Pal Indonesia

Bungker PT. Pal

Saat saya tanyakan ke karyawan yang kantornya berada di dekat bangunan bungker, bangunan itu apa? Sebagian besar mereka menjawab tempat pembuangan sampah. Memang karyawan yang kantornya berada di dekat bangunan, membuang sampahnya ke tempat tersebut. Saya sendiri meragukan bangunan ini tempat pembuangan sampah. Mana ada bangunan tempat sampah sekokoh ini.

Kemudian saat saya tanyakan lagi ; ” lewat mana untuk bisa masuk ke tempat ini?” mereka menunjuk bangunan kuno, yang jaraknya lumaya jauh dengan bangunan seperti bunker ini. Di dalam bangunan ini terdapat pintu masuk ke bunker.

2016-01-10 15.13.47

Melihat sejarah kawasan PT PAL, dimana kawasan PT PAL dulunya merupakan komplek pangkalan Angkatan Laut Di zaman Pemerintahan Hindia Belanda, maka wajar bilamana di sini terdapat bungker.

Sayang area sekitar bangunan seperti bungker ini akan dibongkar untuk di jadikan fasilitas pembangunan kapal selam. Semoga saja bungker ini tidak ikut dirobohkan seperti bangunan perkantoran yang berda didekatnya, sehingga nasibnya tidak seperti Gedung Modderlust.

Halaman 1 2 3 4

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s