Gedung Modderlust

PENYERBUAN DAN PEREBUTAN PANGKALAN KAIGUN DI SURABAYA

Gedung Modderlust

Gedung Modderlust

Gedung Modderlust, atau Marine Societeit Modderlust Ujung. dibangun pada tahun 1890 sebagai tempat Rekreasi dan Sosiaisasi para perwira Angkatan Laut Belanda. Fungsi sama dengan gedung Societeit Concordia (Gedung Pertamina)atau Simpang Societeit (Balai Pemuda).Namun seiring perjalanan waktu, peran gedung modderlust tidak sebatas itu. Banyak peristiwa sejarah penting terjadi di gedung ini, diantaranya peristiwa penyerbuan dan perebutan pangkalan Angkatan laut Jepang oleh badan badan perjuangan yang ada di surabaya.

Bentuk fisik gedung modderlust sudah lama hilang, yang ada tinggal bangunan monumen. Dengan nama Monumen Modderlust. Monumen ini berdiri dikawasan galangan kapal PT. PAL Indonesia. Dulunya kawasan ini merupakan Pangkalan Utama bagi Angkatan Laut bagi Belanda, kemudian dikuasai oleh Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. Pada masa pendudukan jepang kawasan ini bernama Kaigun SE 2122.

Monumen Modderlust

Monumen Modderlust

….

Setelah berita Proklamasi terdengar di surabaya, dan disebar luaskan pada tanggal 18 agustus 1945. Terjadilah pengambil alihan tempat strategis yang dikuasai jepang oleh badan-badan perjuangan yang ada di surabaya. Hampir serentak badan-badan perjuangan yang ada disurabaya menyerbu dan merebut tempat penyimpanan senjata milik jepang.

Sesudah berhasil merebutan senjata di gedung Don Bosco, kesatuan marine jepang digubeng, sasaran selanjutnya diadakan pengambil alihan komplek pangkalan Angkatan Laut Jepang di Ujung.

Pada tanggal 2 Oktober 1945 badan-badan perjuangan di surabaya, Badan Keamanan Rakyat (BKR) Surabaya, BKR Laut, Polisi Istimewa, PRI, Pasukan PAL (Pemuda Angkatan Laut), PRIAL (Pemuda Republik Indonesia Angkatan Laut), BRIPAL dan rakyat surabaya bergerak menyerbu Kaigun (Angkatan Laut Kekaisaran Jepang) di modderlust.

Serangan dilakukan dari 2 jurusan, dari sepanjang kalimas (pelabuhan kalimas), jembatan ferwedar (jembatan Petekan) dan dari tanjung perak.

Pada pukul 10.00 WIB badan-badan perjuangan dan rakyat  berhasil menguasai Kompleks Angkatan Laut.  Bendera Merah Putih pun berkibar di gedung modderlust.

Dengan dikuasainya Kompleks Pangkalan Ujung, berarti seluruh wilayah surabaya sudah berada dalam kekuasaan Pemerintah Republik Indonesia.

Halaman 1 24

Sumber :

Wikipedia; Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V

Soerabaia Djadoel ;”Societeit Concordia” Tempat Dugem Pertama Di Surabaya

DAN TOCH MAAR ; MODDERLUST  (R. Sunardi Hamid)

Memoar Jasin Sang Polisi Pejuang ; “Bab 1 Surabaya Tahun1945

Roodebrug Soerabaia : “Pertama Kali Merah Putih Berkibar

Jancuk Suroboyo ; “Tempat Peristiwa Perjuangan Arek Surabaya, Agustus-Nopember 1945

Kompasiana.com; “Hari Demi Hari Surabaya 1945

Wikimedia Common ; “CHet Nieuwe Gebouw Van De Marinesoci teit Modderlust In Soerabaja In Aan bouw Tmnr 60026773” dan “Marine Sociteit Modderlust Soerabaja

Surabaya Tempo Dulu ; “Hotel Ngemplak 1920Hotel Ngemplak 1920

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s