Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo

Sejarah Rumah Sakit Umum Daerah Dr. SoetomoRumah sakit umum Daerah Dr. soetomo

Sejarah berdirinya Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo (RSUD dr soetomo) tidak lepas dari Rumah Sakit Simpang atau nama resminya Centrale Burgerlijke Zienkeninrichting bij Simpang. Sering juga disebut Centrale Burgerlijke Zienkenhuis (CBZ). Rumah sakit terbesar dan lengkap di hindia belanda pada saat itu. Dibangun atas perintah Guernur Willem Herman Deandles pada tahun 1808-1811.

Bangunan Rumah Sakit RSUD dr. Soetomo (pada zaman hindia Belanda disebut dengan Nieuwe CBZ)  dibangun pada tanggal 29 oktober 1938 di desa karang menjangan (viaduct Straat) bersebelahan dengan gedung Nias (Nederlandsch Indische Artsen School atau Fakultas Kedokteran Unair.)
Rumah sakit “baru” ini dibangun untuk membantu Rumah Sakit Simpang yang pasienya membludak. Namun pembangunan rumah sakit terhenti pada tahun 1942 ketika jepang menguasai surabaya. Pembangunan rumah sakit ini hanya berhenti sementara, pembangunan rumah sakit dilanjutkan oleh jepang pada tahun 1943. Setelah selesai dijadikan rumah sakit Angkatan Laut Bala Tentara Jepang (Kaigun).
Pada tahun 1943 Nieuwe CBZ dikuasai Belanda, lalu kembali digunakan sebagai Rumah Sakit dengan nama Rumah Sakit Marinir atau Marine Hospital Surabaya. Pada tahun 1950, tepatnya tanggal 7 agustus Rumah Sakit Marine Hospital diserahkan kepada  Angkatan Laut Republik Indonesia Serikat (ALRIS) . Pada tahun ini pula berubah lagi namanya menjadi  Rumah Sakit Umum (RSU) Pusat.
Tahun 1951 hingga1954 Aktivitas RS Simpang pindah ke RS Karang Menjangan, namun pelayanan bedah akut masih tetap dilakukan di RS Simpang.

Baru pada tanggal 20 mei  1964  berdasarkan SK. Menkes RI No.26769/KAB/76 Rumah Sakit Umum Pusat berubah nama menjadi rumah sakit (RS) Dr. Soetomo.

Tahun 1980 semua kegiatan pelayanan dijadikan satu di RSU Dr. Soetomo. Rumah sakit simpang dijual dan sekarang menjadi Plaza Surabaya.
Tahun 2002, Perda Prop. Jatim menetapkan perubahanan nama lagi menjadi RS Umum Daerah Dr. Soetomo.
(sumber Website RSUD Dr. Soetomo)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s