Rumah Sakit Al-Irsyad

Jl. KH. Mansyur 210-214,  Surabaya Utara
Telp: (031) 353 1223

Rumah Sakit Al Irsyad

Rumah Sakit Al Irsyad

Tahun 1965 , di Wilayah Surabaya Utara telah terjadi bentrokan fisik antar rakyat Indonesia yang menyebabkan banyak korban berjatuhan. Atas inisiatif para pemuda, perkumpulan Al – Irsyad dan beberapa Dokter, beberapa ruangan kelas sekolah Al – Irsyad,  di jalan Danakarya, No. 28 Surabaya, di rubah menjadi Rumah Sakit Darurat dan Poliklinik. Kegiatan Rumah Sakit ini terbatas pada pelayanan Poliklinik pagi sore untuk umum

Melihat kebutuhan masyarakat akan adanya Rumah sakit di daerah Surabaya Utara, dan pengalaman penyelenggaraan Rumah Sakit Darurat serta, Poliklinik seperti tersebut di atas, beberapa tokoh masyarakat: dengan diketuai oleh almarhum Bapak Hasan Achmad Baktir BA, telah merintis gagasan berdirinya, Rumah Sakit Islam di daerah ini.

Atas inisiatif Bapak Ustad Umar Hubeis sebagai Ketua Yayasan Perguruan AL – IRSYAD Surabaya, gagasan baik tersebut dilanjutkan kembali dengan diadakannya pertemuan pada bulan Agustus 1970 di rumah almarhum Bapak Hasan Achmad Baktir, Jalan K.H. Mas Mansyur 181.

Nopember 1970 diadakan pertemuan di Aula Sekolah AL – IRSYAD Jalan Danakarya No. 28 Surabaya, untuk melaporkan hasil kepada team formatur yang diketuai oleh Saudara Nasar Machfud dan Rancangan Anggaran Dasar Yayasan. Dengan Akte Notaris Anwar Mahyudin No. 9 telah didirikan Yayasan Rumah Sakit AL – IRSYAD Surabaya.

Pada tanggal 10 April 1971 telah berhasil diselesaikan biaya gedung di Jalan K.H. Mas Mansyur No. 200 – 202 dan segera dilakukan rehabilitasi terhadap gedung tersebut.

Bertepatan dengan selesainya Rehabilitasi Gedung Jalan K.H. Mas Mansyur 200 – 292, pada akhir bulan Agustus 1973, diperoleh tawaran dari seorang ahli waris keluarga Ibu Zaenab Ibrahim Baswedan, untuk menghibahkan sebagian dari harga gedung Jalan K.H. Mas Mansyur 210 – 214 yang luasnya 2.600 m2.

Berkat bantuan dermawan, pada tanggal 6 Pebruari 1975 pembelian gedung Jalan K.H. Mas Mansyur 210 -214 telah dapat diselesaikan.

Dan setelah gedung diserahterimakan maka. pada bulan Desember 1978 secara bertahap dibukalah Rumah Sakit AL-IRSYAD Surabaya, tepatnya tanggal 4 Desember 1978

Sumber; Rumah Sakit Al Irsyad

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s