Hotel Kemadjoean

Jalan KH Mas Mansyur No. 96 ,  Telepon:(031) 3526232

Kecamatan Semampir, Surabaya Utara

Hotel Kemajuan

Hotel Kemajuan

Hotel Kemajuan berada di kawasan ampel, kawasan arab ini dulunya bernama Kampemenstraat, kemudian berubah menjadi Jalan KH Mas Mansyur. Orang-orang Arab di kawasan Ampel merupakan keturunan Arab dari Yaman atau juga dikenal dengan istilah Hadrami. Hotel Kemadjoean didirikan pada tahun 1928 oleh beberapa tokoh organisasi Al Islah Wal Irsyad (Al-Irsyad).

Pada awalnya organisasi Al Irsyad bergerak di bidang pendidikan modern bagi masyarakat Hadramaut, kemudian hari berkembang di bidang lain. Namun dikarenakan terbatasnya pendanaan organisasiAl Irsyad yang hanya ditanggung oleh beberapa orang saja, maka para mereka mendirikan beberapa bisnis yang digunakan untuk memenuhi operasional organisasi Al Irsyad, salah satunya hotel kemajuan yang kala itu memang menjadi daya tarik para pedagang dan pendatang.

Seiring perkembangan zaman, hotel ini masih kokoh ditemui berdiri dengan fungsi yang masih sama, yakni menyediakan kamar-kamar bagi pedagang dan pendatang, dengan bentuk bangunan yang tak jauh berubah dari generasi ke generasi.

Dilihat dari segi arsitektural, Hotel Kemadjoean banyak mengadaptasi ciri bangunan Eropa dan Arab. Memasuki pintu hotel, kita akan disambut dua tangga berlantai kayu melingkar di kedua sisi bangunan, yang membentuk goa dengan dinding keramik bernuansa Turki. Di atas, bias ditemukan sebuah balkon luas menghadap jalanan, dengan beberapa kursi panjang ditata rapi untuk para tamu yang bersantai.

Sedang kamar-kamar berjejer di bagian dalam ruangan lantai dasar dan lantai satu, dengan ukuran yang hanya sekitar 3×4 meter dan bernuansa lama. Harga sewanya per malam pun masih terhitung murah, dari harga 75 ribu hingga 150 ribu, tergantung fasilitas yang tersedia di tiap kamar.

Sumber; Kampung Arab Surabaya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s