Panti Asuhan Undaan

Thay  Tong Bong Yan

Jl. Undaan Kulon No. 9-11-dan 15. Surabaya

Panti Asuhan Undaan

Panti Asuhan Undaan

Plakat Panti Asuhan Undaan

Plakat Panti Asuhan Undaan

Di Plakat Gedung panti asuhan, seperti di gambar samping, di jelaskan sejarah gedung panti asuhan undaan secara singkat. Gedung ini digunakan sebagai panti asuhan sejak tahun 1932, sebelumnya di miliki oleh keluarga Polack.

Gedung Panti Asuhan ini dulunya merupakan rumah pribadi Henty Johanes Real Polack. Pengusaha perkebunan, menguasai tanah dari jalan undaan sampai dengan jalan jagalan.

Akan tetapi, pada tahun 1932, rumah megah ini akhirnya dibeli oleh seorang opsir Tionghoa yang mendapat dukungan dana dari sejumlah dermawan Tionghoa lainnya. Mayor The Toan Ing bersama Mayor Han Tjion Khing mendirikan Panti Asuhan Thay Tong Bon Yan di bekas rumah keluarga Polack tersebut.

Mayor Han Tjiong Khing merupakan Mayor Tionghoa terakhir di Surabaya yang mengundurkandiripada tahun 1924. Istri Mayor Han Tjiong Khing adalah The Gwat Bio, putri dari Mayor The Boen Khe, dan saudara dari Mayor The Toan Ing.

Sedangkan Mayor The Boen Khe adalah seorang tokoh Tionghoa yang disegani, yang pernah memberikan bantuan sebidang tanah di Kapasan seluas 500 m² untuk didirikan Klenteng Boen Tjiang Soe, dan ketika klenteng tersebut berubah menjadi tempat ibadah Khonghucu diganti namanya menjadi Klenteng Boen Bio.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s