Klenteng Hong Tek Hian

 Jalan Dukuh No. 23. Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya Utara.

Klenteng Hok Tek Hian

Klenteng Hok Tek Hian

Klenteng ini bernama Hong Tek Hian atau dikenal juga dengan Klenteng Dukuh, karena berada di jalan dukuh. Jalan dukuh ini tergolong jalan padat lalu lintasnya. Belum lagi kendaraan roda 4 banyak parkir di pinggir jalan. Dulunya jalan dukuh ini masuk kawasan pecinan.

Tidak diketahui dengan pasti tahun pembangunan Klenteng Hok Tek Hian ini. Diperkirakan klenteng dukuh ini telah ada sebelum tahun 1899.

Ciri khas klenteng ini terdapat Kim Lo atau pagoda tingkat tujuh berwarna merah. Pagoda ini sebagai tempat pembakaran kertas landmark untuk masuk masuk ke kampung dukuh.

Pada waktu tertentu klenteng ini mengadakan pertunjukan wayang Po Te Hi. Wayang Potehi merupakan salah satu jenis wayang khas Tionghoa yang berasal dari Tiongkok bagian selatan. Kesenian ini dibawa oleh perantau etnis Tionghoa. Pertunjukan wayang ini dimaksudkan agar doa yang dipanjatkan umat terkabul.

Kisah dalam wayang potehi berdasarkan ajaran Khong Hu Cu maupun repertoar klasik China, seperti Sin Ji Kwi, suatu riwayat penaklukan Kerajaan See Liang Kok. Ada lakon Poei Sie Giok, yang berkisah tentang pembelaan suku lewat adu kemampuan di atas panggung. Jhi Gu Nau Tong Tiauw tentang dua siluman kerbau yang membuat gaduh Kerajaan Tay Tong Tiauw. Dan ada pula lakon Khong Han Bun yang mengulas percintaan siluman ular putih di danau Si Hu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s