Jejak Berita Proklamasi Kemerdekaan Di Surabaya

Peristiwa sejarah tentang Proklamasi kemerdekaan yang dibacakan oleh Sukarno dan Hatta yang terjadi pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 di Jakarta. Namun berita Proklamasi tadi baru di terima di surabaya 15 menit setelah Soekarno dan Hatta membacakan naskah Proklamasi. Itupun hanya di ketahui oleh kalangan terbatas. Berita Proklamasi tadi di terima di surabaya tepatnya pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 pukul 11.44.

Gedung Pelni

Gedung Pelni

Gedung Pelni ini dulunya merupakan kantor berita Domei. Di gedung ini berita Proklamasi kemerdekaan di terima oleh Markonis Yacob. Berita Proklamasi tadi berasal dari berita Domei Pusat Jakarta dalam bentuk morse. Kantor Domei merupakan kantor berita yang menyuplai berita ke surat kabar Suara Asia.

Inilah kantor berita domei yang sekarang menjadi Gedung Pelni. Di salah satu sudut gedung Pelni ini terdapat prasasti yang menjelaskan peristiwa berita proklamasi di surabaya. Tulisan Prasasti ini di tulis dalam 2 bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Gedung suara Asia

Tentu saja berita proklamasi ini disensor oleh pihak jepang, namun secara diam-diam berita Proklamasi ini di bawa ke kantor suara asia yang tidak jauh jaraknya dengan kantor berita domei, untuk  disebar-luaskan lewat surat kabar Suara Asia.

Berita Proklamasi Kemerdekaan RI dengan naskah lengkap disiarkan harian Soeara Asia, Sabtu, 18 Agustus 1945 yang dimuat di halaman pertama. Berita kemerdekaan tersiar dengan cepat, apalagi bersamaan dengan itu di mana-mana ditempel selebaran tentang proklamasi itu.

Dengan demikian berita proklamasi tersiar ke daerah-daerah…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s