Rumah Sakit Umum Simpang (C.S.Z)

Tugu Rumah Sakit Umum Simpang

Tugu PeringatanRumah Sakit Umum Simpang

Bangunan Rumah  Sakit Umum Simpang sudah  dirobohkan, Sejak 1980-an bangunan rumah sakit telah dirobohkan dan di ganti dengan bangunan pusat pembelanjaan, Plaza Surabaya. Tinggal jejaknya yang tertinggal di ujung jalan berupa tugu Peringatan. Saat itu rumah sakit simpang merupakan rumah sakit paling besar dan lengkap di hindia Belanda.

sedangkan Tugu peringatan rumah sakit simpang ini menceritakan peristiwa di Kawasan delta Plaza saat peristiwa pertempuran 10 nopember. Demikian tulisan di tugu peringatan rumah sakit Simpang.

Kawasan Delta Plaza ini dahulunya merupakan Rumah Sakit Umum Simpang(C.S.Z.). Korban pertempuran 10 November 1945 memenuhi seluruh pojok gedung dan meluber sampai di halaman Rumah Sakit.

Para Dokter dan Perawat bekerja keras terus menerus, namun banyak korban yang tidak tertolong jiwanya dan dimakamkan secara massal dibelakang Rumah Sakit. Mereka yang bisa diselamatkan diangkut keluar kota, karena meluasnya pertempuran, maka tanggal 14 november 1945 dilakukan pengungsian terakhir dengan kereta api dari stasiun Gubeng menuju malang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s