Gedung Mess Angkatan Darat

Gedung Mess Angkatan Darat

 

 

 

Plakat Gedung Mess Angkatan Darat

Gedung Mess Angkatan Darat ini berada di jalan Sisingamangaraja XII atau Jalan Jakarta No. 5 Surabaya, tidak jauh dari jembatan petek,an.

Gedung ini merupakan tempat Mayor Jenderal Mensergh menandatangani surat selebaran ultimatum pada tanggal 9 Nopember 1945. Mayor Jenderal Eric Carden Robert Manserg mengeluarkan ultimatum untuk meminta pihak Indonesia menyerahkan persenjataan;

“ …………..para pemimpin dan orang orang Indoneisa yang bersenjata harus melapor dan menyerahkan senjatanya ditempat-tempat yang telah ditentukan. Selanjutnya, menyerahkan diri dengan mengangkat tangan keaatas, dengan batas waktu tanggal 10 Nopember 1945 jam 06.00 pagi. Bila tidak, Saurabaya akan digempur dari darat, laut dan udara….”
Ultimatum in tidak dihiraukan oleh para pejuang Surabaya. Bung Tomo lewat RRI berpidato berkobar-kobar membakar semangat juang rakyat surabaya melawan sekutu. Maka pada tanggal 10 Nopember 1945 sekutu membuktikan ancamannya dengan membombardir kota Surabaya dari darat, laut dan udara.
Pertempuran yang tidak seimbang pun terjadi,  antara pasukan sekutu dengan peralatan dan mesin tempur yang canggih, dengan para pejuang RI dengan senjata seadanya hasil rampasan dari tentara Jepang.
Pasukan BKR dari berbagai daerah di Indonesiapun berdatangan masuk ke Surabaya untuk bertempur bersama-sama rakyat Surabaya melawan Sekutu. Pertempuran baru berakhir tanggal 14 Desember 1945.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s