Balai Kota Surabaya

Jl. Taman Surya NO. 1

Balai Kota Surabaya

Balai Kota Surabaya

 

Gedung Balai Kota Surabaya berada di Jl. Taman Surya, dengan halaman depan berupa Taman kota, taman ini bernama Taman Surya, salah satu lokasi wisata warga surabaya. Bentuk bangunan cagar budaya ini memanjang, membujur dari arah timur dan barat.

Dahulu gedung ini bernama Raadhulis ketabang kini lebih dikenal sebagai Balai Kota. Berfungsi sebagai bangunan pusat Pemerintahan  untuk Kota Atas.

Gedung Balai Kota Surabaya dibangun pada masa walikota Surabaya kedua, yaitu G.J. Dijkerman. Gedung Balai Kota mulai dibangun tiga tahun setelah G.J. Dijkerman menjabat, yaitu pada 1923 dengan arsitek C. Citroen dan pelaksana H.V. Hollandsche Beton Mij. Pembangunannya menelan biaya sekitar 1000 gulden, termasuk perlengkapan dan pernak-pernik lainnya. Gedung Balai Kota baru ditempati pada 1927.

Gedung Balai Kota Surabaya pada bagian utamanya ini memiliki panjang 102 m dan lebar 19 m, menggunakan tiang-tiang pancang beton bertulang. Rangka atapnya dibuat dari besi dan dengan penutup sirap, yang kemudian diganti dengan menggunakan genteng.

Bangunan cagar budaya ini memiliki dua menara pendek simetris di kedua sisi pintu masuk yang merupakan salah satu ciri gaya arsitektur vernacular Belanda. Arsitektur vernacular adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mengelompokkan cara konstruksi yang menggunakan tradisi dan sumberdaya lokal yang tersedia untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan situasi lokal.

Untuk menyesuaikan dengan kondisi iklim lokal yang panas dan lembab itu juga maka atap Gedung Balai Kota Surabaya dibuat bertumpuk untuk menyediakan celah ventilasi guna mengalirkan udara ke dalam wuwungan, sehingga membuat ruangan di dalam gedung menjadi lebih sejak pada siang dan malam.

Baca juga ; Taman Surya

Obyek Wisata Seputar Balai Kota

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s